AMANAT PADA UPACARA BENDERA 17-AN BULAN DESEMBER 2014 PDF Print E-mail

AMANAT
PADA UPACARA BENDERA
17-AN BULAN DESEMBER 2014  

Tanggal  : 17 Desember 2014
Pukul      : 07.00 
Tempat   : Lapangan Upacara
                 Makodiklat  TNI  AD beserta jajarannya
     
Perwira, Bintara, Tamtama dan Segenap Pegawai Negeri Sipil Kodiklat TNI AD yang saya cintai dan saya banggakan,
Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa,  karena  hanya  atas  limpahan rahmat  dan  karunia-Nya, pada hari ini kita dapat mengikuti Upacara bendera 17-an Bulan Desember Tahun 2014, dalam keadaan sehat wal ’afiat.
Para Perwira, Bintara, Tamtama dan Segenap Pegawai Negeri Sipil Kodiklat TNI AD yang saya cintai dan saya banggakan, 
   
     Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa,  karena  hanya  atas  limpahan rahmat  dan  karunia-Nya, pada hari ini kita dapat mengikuti Upacara bendera 17-an Bulan Desember Tahun 2014, dalam keadaan sehat wal ’afiat.
     
     Seperti kita pahami bersama bahwa Upacara bendera pada setiap tanggal Tujuh Belas, memiliki makna yang sangat penting, walaupun telah men-jadi agenda rutin bulanan, Pertama, sebagai generasi penerus, kita berupaya terus-menerus menjalin dan mengikatkan diri dengan nilai-nilai heroik perjuangan para generasi pendahulu, yang telah melahir-kan NKRI pada 17 agustus 1945. Kedua, upacara ini juga merupakan sarana komando untuk menjalin komunikasi antara pimpinan dengan anggota dalam satuan di jajaran Kodiklat TNI AD khususnya. Dengan demikian seti-ap kebijakan atau instruksi, arahan dan informasi akan mengalir tersampaikan dengan baik.
     
     Para Peserta Upacara yang berbahagia,
   
    Saat ini, kita berada di penghujung tahun 2014, dan akan menyongsong tahun 2015, yang artinya kita akan mempertang-gungjawabkan semua program kerja dan anggaran tahun 2014, dengan harapan hasil audit BPK nantinya dapat mencapai predikat wajar tanpa pengecualian (WTP). Bulan desember ini juga merupakan awal persiapan pelaksanaan program kerja dan anggaran tahun 2015.
     
     Mencermati hasil evaluasi program kerja yang dibahas pada Rakornis Kodiklat TNI AD TA 2014, diperoleh gambaran secara umum tugas yang dipercayakan kepada Kodiklat TNI AD, telah dapat dilaksanakan dengan baik meskipun masih banyak yang perlu ditingkatkan. 
   
     Di bidang Doktrin, telah dilaksanakan program Asistensi teknis Doktrin dan Bujuk ke 6 Kodam, serta telah menyelesai-kan seluruh kegiatan uji teori II Bujuk maupun penyusunan/- validasi 22 Orgas yang dilak-sanakan di Makodiklat TNI AD, serta menyelesaikan forum evaluasi 9 Orgas hasil uji coba ke Pus/Cab/Fung AD dan naskah sudah terkirim seluruhnya ke Srenad sebagai pengesahan. Selain itu, dilibatkan sebagai Pokja Kodiklat TNI AD dalam rangka revisi buku-buku Permildas di Mabes TNI. Buku-buku yang direvisi terdiri dari PBB, PPM, PUDD dan PDG, dimana saat ini dalam proses pengesahan Panglima TNI.
     
     Demikian juga halnya di bidang pendidikan. Dalam melak-sanakan program TA 2014 pada akhir semester ini telah dilak-sanakan revisi Kurdik Bang-spespa sebanyak 57 Kurdik dan Revisi Kurdiklapa I kecabangan 15 Kurdik, Bintara sejumlah 60 Kurdik dan Tamtama sejumlah 40 Kurdik, Dengan demikian revisi Kurdik telah tercapai 72 Kurdikpa dengan presentase 100 %, 50 Kurdikba dengan presentase 83,33 % dan 38 Kurdikta dengan presentase  95 % dari sasaran program. Perlu diketahui bahwa pendi-dikan yang telah dan sedang dilaksanakan di Lemdik jajaran Kodiklat TNI AD sebagai berikut ; Pendidikan yang telah dilaksana-kan berjumlah 244 macam pendidikan dengan jumlah siswa sebanyak 10.497 orang dan 30 Hewan sedangkan yang masih dilaksanakan sampai saat ini berjumlah 39 macam pendidikan dengan jumlah siswa sebanyak 1.750 orang, dari kegiatan pen-didikan tersebut yang gagal dalam Garjas sebanyak 16 orang, sakit 11 orang dan 5 orang pelang-garan hukum.
     
     Di bidang latihan, saat ini telah membuat 6 Juknis dan 1 jukmin serta melaksanakan Waslat program Kotama dan program Waslat BTP, selain itu meren-canakan penyelenggaraan Lomba Peleton Tangkas TNI AD yang akan dilaksanakan pada minggu ke-4 bulan Pebruari sampai dengan minggu ke-1 bulan Maret.
     
      Peserta Upacara yang saya banggakan,
     
     Pada bidang fungsi organik  TA 2014 secara kuantitatif  pelanggaran personel menurun walaupun tidak signifikan, dari laporan Pam Setkodiklat TNI AD diinformasikan bahwa jumlah pelanggaran yang terjadi sampai dengan bulan November 2014 berjumlah 60 kasus melibatkan 59 personel, kasus-kasus yang menonjol adalah kasus Desersi, Laka Lalin, Disiplin, Asusila dan permasalahan keluarga. Oleh karena itu, perlu adanya langkah dan upaya pencegahan dari para unsur pimpinan satuan, sehingga dapat mengurangi tingkat pelang-garan-pelanggaran tersebut.
     
     Selanjutnya dalam pembinaan pangkalan, para anggota agar tetap menjaga dan memelihara kebersihan dan kerapihan, serta bangun suasana kekompakan dan kebersamaan diantara kita agar memperoleh kekuatan kinerja yang optimal.
     
     Dalam hal bidang penga-wasan. Adanya temuan oleh Itjenad pada saat Wasrik, agar ditindaklanjuti secara sungguh-sungguh dan jika ada hal yang perlu dikonsultasikan dapat segera dikoordinasikan ke Inspek-torat Kodiklat TNI AD. Kedepan dapat dipastikan bahwa persoalan tertib administrasi akan semakin baik, transparan dan akuntabel karena memang sudah menjadi suatu keharusan, untuk dapat menye-suaikan diri dengan perkem-bangan jaman, oleh karena itu tetaplah berbuat yang terbaik, serta memiliki pribadi yang berintegritas.
     
     Peserta upacara sekalian,
     
     Demikian amanat saya pada upacara 17-an bulan Desember Tahun 2014 ini, semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan bimbingan, petunjuk dan lindungan-Nya kepada kita sekalian dalam melanjutkan pengabdian kepada negara dan bangsa.
     
     Sekian dan terima kasih,
     Eka Wika Yudha Cakti,
Selesai

                                                 Bandung,  17 Desember 2014
                                         Komandan Kodiklat,
 
 
                                            Lodewijk F. Paulus
                                                       Letnan Jenderal TNI

 

DANKODIKLAT TNI AD

DANKODIKLAT_-BINTANG_TIGA_2
LETJEN TNI
AGUS KRISWANTO

MAKODIKLAT TNI AD

Jl. Aceh No. 50 Bandung Jawa Barat  Indonesia
email redaksi penerangankodiklat@yahoo.co.id

FOTO KEGIATAN

Valid XHTML | Template Design LernVid.com and ah-68